Senin, 12 Juli 2010

eTrading’s Market Flash

Þ US : Dow Jones Industrial Average +0.2%

News Highlight

Economic & Industrial News

Þ Energy: Per Bulan, Negara Dirugikan Rp 2,7 M

Þ Economic: Layanan investasi satu pintu harus efektif

Þ Mining: Posco & KS sepakat bangun pabrik baja

Þ Economic: Menkeu: Pertumbuhan ekonomi 5,9%

Þ Mining: Pemerintah akan tetapkan harga beli 7% Newmont

Þ Economic: 3 Emiten Bakrie Taruh Rp8,40 T

Corporate News

Þ BNBR: BEI Panggil Bakrie dan Bank Capital

Þ PKPK: Juni Cadangan Layak Tambang PKPK Hanya 200 Rb MT

Þ BMRI: Bank Mandiri Lelang Aset BIG

Þ KARK: Dayaindo Finalisasi Kontrak Batubara US$ 121,5 Juta

Þ KLBF: Kalbe Farma Investasi Rp 150 Miliar

Þ BBCA: BCA Syariah Kenalkan 3 Produk

Þ BUVA: Bukit Uluwatu Garap Alila Bintan Rp 350 Miliar

Þ BNGA: Bank CIMB NIaga rights issue kuartal III

Þ DOID: Siapkan Belanja US$180 Juta Tahun ini

Þ RALS: Raup Pendapatan Rp2,43 T

Corporate Action

Þ Hari ini (13/7), cum dividen tunai Gudang Garam Tbk (GGRM) Rp 650 per saham Ex date (14 Jul 2010)

Þ Hari ini (13/7), exercise date warrant Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) rasio 1 : 1, dengan harga pelaksanaan Rp 430 per lembar saham.

Þ Hari ini (13/7), cum dividen tunai Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA) Rp 45 per saham Ex date (14 Jul 2010)

Þ Hari ini (13/7), cum dividen tunai Panca Global Securities Tbk (PEGE) Rp 8 per saham Ex date (14 Jul 2010)

Þ Hari ini (13/7), cum dividen tunai Bank ICB Bumiputera Tbk (BABP) Rp 0,45 per saham Ex date (14 Jul 2010)

Technical Picks

Þ INDF (4350) – Buy on Weakness

Þ UNTR (18650) – Buy on Weakness

Þ BBKP (660) - Sell

Þ BBTN (1860) – Sell

CLICK HERE TO VIEW FULL REPORT

Market Flash

Dow Jones: Pasar saham US mengalami penguatan setelah para analis upgrade perusahaan teknologi yang menumbuhkan optimisme sebelum eraning season dimulai. ScanDisk Corp. naik 6.8% setelah UBS AG memberikan saran untuk membeli saham tersebut, Qualcomm Inc. naik 3.5% setelah Goldman Sachs Group Inc. memasukkan saham tersebut dalam rekomendasi beli. Hewitt Associates Inc. naik 32% setelah Aon Corp. setuju untuk membeli perusahaan konsultasi. Alcoa Inc. turun 0.6%. Indeks Standard & Poor's 500 (+0.1%) 1,078.75. Dow Jones Industrial Average (+0.2%) ke 10,216.27

Regional : Bursa saham Asia menguat seiring laporan laba yang lebih baik dari estimasi dari Alcoa Inc, produsen alumunium terbesar AS, yang mendorong kepercayaan terhadap perekonomian global. Alumina Ltd (+1.9%) di Sydney. Advantest Corp dan Nintendo Co naik lebih dari 1% di Tokyo . Nikkei (+0.41%) 9,587 Kospi (+0.55%) 1,743 S&P/ASX 200 (+0.2%) 4420 STI (+0.30%) 2934

Commodity: Minyak mentah diperdagangkan mendekati level rendah selama tiga hari di New York setelah menguatnya dolar AS terhadap euro yang mengurangi daya tarik komoditas sebagai investasi alternatif. Harga minyak jatuh 1,5% kemarin yang dipicu naiknya dolar AS di tengah spekulasi bahwa uji untuk menunjukkan ketahanan sistem perbankan Eropa akan gagal meyakinkan para investor bahwa wilayah ini tengah mengalami pemulihan dari krisis utang tersebut. WTI Crude (+0.5%) $ 75.3/barrel Gold (+0.3%) USD 1,201/t oz CPO (-0.3%) RM 2,400/MT Nickel (-1.5%) USD 19,200/MT Tin (-0.7%) USD 17,525/MT

Research Team

Economic & Industrial News

Energy: Per Bulan, Negara Dirugikan Rp 2,7 M

Pengoplosan gas elpiji dari tabung gas bersubsidi ke tabung gas 12 kg diperkirakan merugikan negara Rp 2,7 miliar per bulan. Hal ini disampaikan Kabareskrim Polri Komjen Pol. Ito Sumardi dalam keterangan pers di Kementerian ESDM, Senin (12/7/2010). Ito mengatakan sejak menjadi sorotan masyarakat karena ledakan demi ledakan memakan korban, Polri melakukan dua langkah terkait kasus ini, yaitu penyelidikan ilmiah dengan menggunakan fasilitas Puslabfor dan intitusi terkait serta penegakan hukum kepada pelaku pengoplosan.

(kompas/yc)

Economic: Layanan investasi satu pintu harus efektif

Asosiasi Tol Indonesia (ATI) menilai upaya pemerintah memusatkan perizinan dan pelayanan investasi melalui Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) akan jauh lebih efektif, selama aturan dan standar perizinan memadai. Ketua ATI Fatchur Rohman mengatakan aturan mengenai investasi antara satu lembaga dengan lembaga lain berbeda kerap berbeda, sehingga impelementasi di lapangan sering melahirkan tumpang tindih kegiatan.(bisnis/yc)

Mining: Posco & KS sepakat bangun pabrik baja

Pohang Steel Company (Posco) dalam waktu dekat mencapai kesepakatan untuk membangun pabrik baja bersama PT Krakatau Steel senilai US$6 miliar. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Gita Wirjawan mengungkapkan pada tahap pertama direncanakan akan dibangun pabrik baja senilai US$3 miliar yang berkapasitas 3 juta ton per tahun.(bisnis/yc)

Economic: Menkeu: Pertumbuhan ekonomi 5,9%

Menteri Keungan Agus D.W. Martowardojo mengatakan pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang 2010 mencapai 5,9% atau diatas asumsi yang ditetapkan dalam APBNP akan menjadi pandangan dari pemerintah. Menkeu mengatakan perkiraan pertumbuhan pada 2010 mencapai 5,9% tersebut akan disampaikan pada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada masa kerja antara 12 Juli sampai 30 Juli 2010.(bisnis/yc)

Mining: Pemerintah akan tetapkan harga beli 7% Newmont

Pemerintah segera menetapkan harga pembelian 7% saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) yang ditawarkan sebesar US$444,08 juta, setelah kedua pihak menyepakati soal parameter perhitungan saham program divestasi 2010 tersebut. Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral dan Batu bara, Ditjen Mineral, Batu bara, dan Panas bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot Ariyono mengungkapkan tim pemerintah bersama manajemen NNT saat ini tengah mengklarifikasi berbagai parameter yang akan digunakan dalam perhitungan saham tersebut.(bisnis/yc)

Economic: 3 Emiten Bakrie Taruh Rp8,40 T

Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Bank Indonesia akan melakukan pemeriksaan khusus terkait adanya penempatan dana bernilai Rp8,4 T milik Grup Bakrie di PT Bank Capital Indonesia Tbk. Berdasarkan laporan keuangan kuartal I/2010, dana pihak ketiga Bank Capital tercatat sebesar Rp2,69 T. (bisnis/ev).

Corporate news

BNBR: BEI Panggil Bakrie dan Bank Capital

Bursa Efek Indonesia (BEI) akan memanggil manajemen PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) dan PT Bank Capital Tbk (BACA) untuk meminta konfirmasi terkait dengan perbedaan nilai setara kas. Terdapat selisih sebesar Rp 1,063 triliun dari kedua laporan yang disampaikan kedua perusahaan tersebut. Meski demikian, Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Eddy Sugito belum bersedia menyatakan hal tersebut tergolong manipulasi informasi kepada public. Dalam laporan BNBR tercatat setara kas yang ditempatkan pada deposito berjangka di Bank Capital senilai Rp 3,758 triliun. Sementara dalam laporan keuangan Bank Capital disebutkan, simpanan nasabah atau nilai dana pihak ketiga sebesar Rp 2,695 triliun. Dengan demikian, terdapat

selisih Rp 1,063 triliun dari dana yang diklaim BNBR di Bank Capital. (media/aw)

PKPK: Juni Cadangan Layak Tambang PKPK Hanya 200 Rb MT

Perusahaan tambang batu bara PT Perdana Karya Perkasa Tbk (PKPK) melaporkan kegiatan eksplorasi dan pengembangan areal batu bara Juni 2010. Kegiatan rutin yang dilakukan perseroan selama Juni 2010 adalah melakukan kegiatan penambangan terhadap rencana tambang (mineplan) pada area konsesi yang dioperasikan di Dondang, Muara Jawa, Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. (okezone/ev).

BMRI: Bank Mandiri Lelang Aset BIG

PT Bank Mandiri Tbk melakukan pendekatan kepada sejumlah investor untuk memaksimalkan lelang aset Benua Indah Group (BIG) setelah dua kali tender tidak mendapatkan pemenang. Group Head Asset Management Bank Mandiri mengatakan saat ini manajemen melakukan pendekatan kepada investor untuk memastikan keseriusan mereka dalam ikut lelang Benua Indah.(bisnis/yc)

KARK: Dayaindo Finalisasi Kontrak Batubara US$ 121,5 Juta

PT Dayaindo Resources International Tbk (KARK) tengah memfinalisasi kontrak baru pengiriman batubara ke perusahaan Tiongkok, Guangdong Machinery Imp & Exp Co Ltd. Perseroan akan memasok 1,5 juta ton batubara senilai US$ 121,5 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun. Dalam waktu dekat, kedua pihak akan segera menandatangani MoU. (investor/uth)

KLBF: Kalbe Farma Investasi Rp 150 Miliar

PT Kalbe Farma (KLBF) akan ekspansi usaha dengan menambah 10 kantor cabang baru dengan investasi senilai Rp 150 miliar. Untuk membuka cabang tersebut, perseroan telah mengakuisisi lahan di sejumlah daerah antara lain di Banda Aceh, Jember, Denpasar, Jayapura, dan Balikpapan . (investor/uth)

BBCA: BCA Syariah Kenalkan 3 Produk

PT Bank Central Asia (BCA) Syariah akan meluncurkan produk ATM BCA Syariah, layanan internet banking, dan SMS banking pada tahun ini. Direktur bisnis BCA Syariah mengatakan peluncuran tiga produk tersebut diharapkan mampu meningkatkan komposisi dana murah (tabungan dan giro) perseroan menjadi di kisaran 10%-20% dan sisanya sebesar 70%-80% di deposito.(bisnis/yc)

BUVA: Bukit Uluwatu Garap Alila Bintan Rp 350 Miliar

Perusahaan yang bergerak di sektor jasa akomodasi dan perhotelan PT Bukit Uluwatu Villa Tbk (BUVA) dalam waktu dekat mengembangkan Alila Villas Bintan di Lagoi Bay di Kepulauan Riau. Investasi proyek tersebut diperkirakan Rp 350 miliar. Sekitar Rp 250 miliar dana proyek Alila Villas Banten dialokasikan untuk biaya pembangunan. Sedangkan sisanya sebesar Rp 100 miliar untuk mengakuisisi PT Bukit Lagoi Villa yang mengelola proyek tersebut. (investor/uth)

BNGA: Bank CIMB NIaga rights issue kuartal III

PT Bank CIMB Niaga Tbk memastikan akan menggelar penawaran saham terbatas (rights issue) pada 3Q10. Presiden Direktur Bank CIMB Niaga mengungkapkan upaya ini ditempuh terkait dengan kapitalisasi modal perseroan. Saat ini, lanjutnya, perseroan sedang menuntaskan penyusunan laporan keuangan untuk mendukung rights issue.(bisnis/yc)

DOID: Siapkan Belanja US$180 Juta Tahun ini

PT Delta Dunia Makmur Tbk, induk kontraktor pertambangan batu bara terbesar kedua nasional PT Bukit Makmur Mandiri Utama (Bu-ma), menganggarkan belanja modal sebesar US$150 juta- US$180 juta pada tahun ini. (bisnis/ev).

RALS: Raup Pendapatan Rp2,43 T

Perusahaan ritel PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk meraih pendapatan sebesar Rp2,43 T pada semester I/2010, ditopang membaiknya kinerja penjualan di luar Pulau Jawa terutama di Sumatra .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar